PENGUMUMAN PENDAFTARAN SKRIPSI Semester GENAP 2014/ 2015 Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB – UMS

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Diinformasikan kepada mahasiswa Program Studi Ekonomi pembangunan yang mengambil mata kuliah SKRIPSI & KOMPREHENSIF pada semester GENAP 2014/ 2015 (baru PERTAMA mengambil Skripsi), harap memperhatikan ketentuan sbb :

  1. Jadwal pengajuan Skripsi , Review dan Pengumuman Pembimbing Skripsi sbb:
  • Pengajuan :  1 Juni – 30 Juni 2015
  • Review & Pengumuman :  Minimal 1 minggu setelah pengajuan oleh Sekprodi.
  1. Formulir Pendaftaran Skripsi (tersedia di TU ) harap diisi lengkap, selanjutnya dimasukkan ke dalam paket skripsi stopmap folio warna Kuning (tersedia di TU Prodi / Mb’ Netty dengan mengganti ongkos cetak @ Rp 5.000,00) dan paket buku  dan dilampiri sbb:
    1. Transkrip nilai akademik (Laporan Perkembangan Studi) yang ditandatangani Pembimbing Akademik
  • Jumlah SKS minimal yang telah diselesaikan :
  • Prog. Reguler Ekon. Pembangunan: 124 SKS
  • Twinning Program : 110  SKS  (di prodi Syariah) & 100 SKS (diprodi Ekonomi Pembangunan)
  • IPK minimal 2,00
  • Sudah menempuh mata kuliah Metodologi Penelitian dengan nilai minimal C (=2)
  • Tidak ada nilai E
  • Tidak ada nilai D untuk mata Kuliah:
  • Al- Islam I, Al Islam II dan Al Islam III
  • Studi Kemuhammadiyahan
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Apabila terdapat nilai ‘D’ pada MK diluar MKU, maka maksimal 14 SKS (tidak bolah mengelompok pada satu kelompok mata kuliah !)
    1. Lembar KRS ON-LINE Semester Genap 2014/2015 (Fotokopi) yang ditanda tangani Pembimbing Akademik  sebagai bukti bahwa sudah memprogramkan ‘Skripsi & Komprehensif’ di Semester Genap 2013/2014
    2. Mini Plan Skripsi yang berisi : 

Bidang, Judul , Tujuan, Kerangka Penelitian dan  Metode Analisis (Model)

  1. Copy Jurnal (diutamakan internasional dan Nasional terakreditasi 3 tahun terakhir) sebanyak 10 jurnal

Sekian, harap diperhatikan.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

Surakarta, 1 Juni 2015

Sekretaris. Prodi Ek. Pembangunan

 Dr. Daryono Soebagiyo., Mec

JADWAL PELAKSANAAN UJIAN SKRIPSI & KOMPREHENSIF PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN FEB – UMS PERIODE III TAHUN 2015

PELAKSANAAN UJIAN PENDAFTARAN TERAKHIR
Sabtu,   6 Juni 2015 Kamis,  4 Juni 2015
Sabtu, 13 Juni 2015 Kamis, 11 Juni 2015
Sabtu, 20 Juni 2015 Kamis, 18 Juni 2015
Sabtu, 27 Juni  2015 Kamis, 25 Juni 2015
Sabtu,   4  Juli  2015 Kamis,   2 Juli  2015
Sabtu, 11 Juni 2015 Kamis,   9 Juli  2015

Surakarta, 1 Juni 2015

     Program Studi Ekonomi Pembangunan
Ka. Prodi EP FEB-UMS

Ir. Maulidyah I. H., MS

Seminar dan Sosialisasi OJK

Fakultas Ekonomi dan Bisnis bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan menyelenggarakan seminar dan sosialisasi OJK pada Kamis, 28 Mei 2015 di Auditorium Muh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta pukul 08.00-selesai. Pembicara dalam acara ini yaitu

  1. Prof. Dr. Bambang Setiaji (Rektor UMS)-akademisi dan Ekonom Nasional
  2. Dr. H. Abdul Kharis Alamsyhari, SE., M.Si., Akt (Anggota DPR RI Komisi XI)-Pejabat Publik
  3. Ihsan Hasani-Kabag strategi dan manajemen komunikasi OJK

Untuk pendaftaran silahkan menghubungi 085702036163 (Septa Sunanda).

Temu Alumni

Ikatan Alumni Ekonomi Pembangunan bekerjasama dengan prodi Ekonomi Pembangunan menyelenggarakan Temu Alumni. Dimana acara ini merupakan ajang silaturahim dan tukar info antar alumni prodi Ekonomi pembangunan FEB UMS. Oleh karena itu, kami mengundang seluruh alumni prodi Ekonomi pembangunan FEB UMS untuk hadir dalam acara tersebut yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 16 Mei 2015 di Rumah makan Kusumasari Nonongan Jl. Yos Sudarso jam 11.00-selesai.

Kuliah Umum Prodi Ekonomi Pembangunan

Prodi Ekonomi Pembangunan menelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Persiapan Perekonomian Daerah dalam Menghadapi MEA 2015” dengan dosen tamu Firmansyah, SE., M.Si., PhD dosen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro yang akan dilaksanakan pada Senin, 25 Mei 2015 di Ruang Seminar Gedung G Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS. Untuk Info lebih lanjut dan pendaftaran di Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA).

Diskusi Ilmiah Bulan April

Prodi ekonomi pembangunan kembali menyelenggarakan diskusi ilmiah bersama para civitas akademika di lingkungan prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis-UMS. Acara ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 April 2015 di ruang Lab. Ekonomi Pembangunan pada jam 08.00- selesai. Tema yang diambil dalam pertemuan kali ini adalah Analisis Sistem Ekonomi Campuran dalam Perspektif Islam oleh Dr Agung Riyardi (Dosen Ekonomi Pembangunan FEB UMS) dan Update Perkembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia oleh Eni Setowati, SE., M.Si (Dosen Ekonomi Pembangunan FEB UMS).

Workshop Softskill Mahasiswa: Public Speaking

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan dan meningkatkan daya saing mahasiswa. Prodi ekonomi pembangunan kembali menyelenggarakan workshop soft skill untuk mahasiswa. Dengan tema “Smart Speaking! Bagaimana Menjadi Orang Yang Cerdas dalam Presentasi” dengan pembicara Burhan Sodiq, S.S, yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 4 April 2015 di ruang Lab. Ekonomi Pembangunan pada jam 08.00-selesai. Acara ini terbatas untuk maksimal 35 mahasiswa untuk Pendaftaran dan info lebih lanjut dapat menghubungi Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA).

Rangkaian Pengembangan Kurikulum KKNI Prodi Ekonomi Pembangunan

Guna meningkatkan kualifikasi lulusan dalam memasuki kompetisi bebas setingkat ASEAN bahkan dunia seperti ASEAN Economic Community (AEC) yang akan berlangsung tahun 2015 ini. Dan sebagai wujud tanggung jawab kepada orang tua mahasiswa, prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis-UMS menyelenggarakan rangkaian acara dalam penyusunan kurikulum berbasis KKNI, dengan rangkaian acara sebagai berikut:

  1. Studi banding pengembangan kurikulum KKNI (Proses dan peninjauan dan rekonstruksi kurikulum) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Pada Kamis, 19 Maret 2015.
  2. Workshop bersama stakeholder. Workshop ini diadakan dengan tujuan mendiskusikan antara akademisi FEB-UMS dengan stakeholder yang diundang dengan harapan untuk mendapatkan deskripsi lulusan prodi Ekonomi Pembangunan yang diharapkan oleh para stakeholder. Stakeholder yang diundang pada workshop kali ini adalah perbankan (Bank Umum) di wilayah Surakarta, Bank Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Pemerintah Daerah (PEMDA) di wilayah Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten atau biasa disebut sebagai Subosukowonosraten. Serta mengundang pengusaha dan perwakilan orang tua mahasiswa. Workshop bersama pakar ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 18 April 2015.
  3. Worskhop bersama pakar. Workshop pada kesempatan ini akan dilaksanakan pada Rabu, 22 April 2015, Pukul 08.30 WIB dengan mengundang seorang pakar yakni Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng sebagai pembicara tunggal dalam workshop bersama pakar tersebut.

Implementasi Akademik

Prodi Ekonomi Pembangunan Feb UMS dalam rangka mengajak mahasiswa Ekonomi Pembangunan FEB-UMS untuk menerapkan ke dalam lingkungan masyarakat mengadakan agenda yang bertajuk Implementasi Akademik yang diadakan setiap semester. Kegiatan ini dapat digunakan sebagai pembelajaran mahasiswa dalam mengenal kharakter masyarakat. Kelompok Implementasi Akademik yang pertama kali terjun di masyarakat di ketuai oleh Anas Tinton Saputra dengan mengadakan pembinaan remaja masjid di dukuh Dungus, Mundu, Tulung Klaten.

Kuliah Umum Perencanaan Ekonomi Pembangunan

Prodi Ekonomi Pembangunan mengadakan kuliah umum yang bertajuk “Tantangan Pembangunan Ekonomi Indonesia Tahun 2015-2016: Menyikapi Kebijakan Pemerintah”, yang akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Sabtu, 28 Februari 2015
Waktu : 08.00 – 12.00 WIB
Tempat : Auditorium Muh. Djazman Kampus 1 UMS
Pembicara : Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D
Kuota terbatas, pendaftaran dapat dilakukan di sekretariatan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) Gedung G Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS Lt. 1.